Potensi Produk Olahan Pangan Bangkalan

 Bangkalan  –  Salah satu masterplan pengembangan kawasan Kabupaten Bangkalanyang saat ini sedang direview dan disusun kembali adalah pengembangan kawasan Agropolitan di tiga wilayah, meliputi Kecamatan Socah, Kecamatan Burneh dan Kecamatan Bangkalan (Soburbang). Review ini dilakukan berkait erat dengan telah berakhirnya masa lima tahun Dokumen Rencana Induk Kawasan Agropolitan Kabupaten Bangkalan (2006-2011).  Konsep pengembangan wilayah yang berbasis pada ekspo hasil pertanian dan penguatan  konsep pengembangan kawasan wisata ini masih banyak memerlukan support dari Pemda maupun dunia swasta, dunia usaha serta masyarakat luas. Selama ini pengembangan agropolitan di kawasan segi tiga emas tersebut terkesan berjalan sangat lamban, kendala adalah terutama dalam hal penyediaan lahan dalam pembangunan sentra – sentra penjualan produk unggulan hasil pertanian, lambatnya program akselerasi pemberdayaan para petani maupun minimnya inovasi tekonologi pengolahan hasil pertanian.

      Kalau diidentifikasi lebih jauh, sebenarnya terdapat banyak potensi daerah yang bisa diangkat ke permukaan untuk mendukung percepatan kawasan agropolitan. Dengan adanya kegiatan seleksi inovasi teknologi yang dilakukan Pemkab Bangkalan, yang dilakukan dalam rangka keikurtsertaan dalam seleksi inovasi teknologi tingkat propvinsi Jawa Timur, diketahui terdapat beberapa produk olahan pangan yang berasal dari kelompok tani binaan Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Bangkalan, ternyata memiliki daya saing yang tinggi. Salah satu produk olahan pangan yang berasal dari kelompok tani desa Kramat, kecamatan Bangkalan adalah aneka produk hasil olahan buah salak. dalam bentuk makanan maupun minuman ringan. Diantara produk hasil olahan buah salak yang kini mulai dikenali ini adalak ‘salak kurma’ dan minuman segar dari kulit salak.

       Produk yang berbahan baku buah salak ini merupakan produk olahan pangan yang sangat baru, hasil kerja kelompok tani ‘Ambudi Makmur II’  desa Kramat. Awalnya, kelompok tani yang dipelopori Saniyah ini prihatin melihat buah salak hasil kebunnya, tidak seluruhnya bisa laku dijual ke konsumen. Kenyataannya yang dihadapi adalah disamping ada salak yang bisa disantap langsung, salak yang kemudian disebut sebagai salak kualitas super, terdapat pula banyak salak yang kurang dan tidak disukai orang karena rasanya ‘sepet’ dan tidak manis, karenanya, salak ini tidak memiliki nilai jual. Memperhatian keadaan ini. tentu sangat memprihatinkan. bu Saniyah kemudian mencoba untuk mengolahnya dan mengkoversi jenis salak kw2 dan kw3 ini agar menjadi sesuatu yang berbeda dari aslinya, tujuannya adalah untuk mendongkrak nilai konsumsi dan nilai jual salak ini, setara salak super. Kini, produk olahan salak buah tangan bu Saniyah mulai dikenal dan dilirik konsumen tidak saja dari dalam daerah, akan tetapi juga dari luar daerah dan dijual di beberapa sentra oleh oleh di Bangkalan.


Produk olahan salak kurma Bangkalan

Dodol Salak Kramat, Bangkalan

 

Aneka minuman segar dari buah salak

Sari buah salak

Ikan kering tawar ikan bulu ayam dan abon ikan tuna

Ikan kering tawar ikan layur

Terasi dan petis dari udang

Terasi udang

Bumbu pecel

Minuman segar dari buah nangka

Sirup nanas

Dodol Jambu

Karang Mas dari Kamal

Cokies talas dari Burneh

Jamur payung dari Kamal

Kripik dan kacang atom dari Kokop

Iklan

4 Komentar

Filed under Ekonomi

4 responses to “Potensi Produk Olahan Pangan Bangkalan

  1. wah, bnyak juga ya macam makanannya….tapi tetep yg pling enak buat ngerujak itu Petis…..^_^

  2. Mantab sekali, ada banyak produk yg bs dihasilkan yah ..
    ijin share di forum facebook yah 😉

    Salm sukses selalu ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s